Bagaimana cara saya menulis dengan lancar tanpa menunggu ilham?

Saya ingin berbagi sebuah rahasia khususnya untuk anda yang mempunyai bisnis online dan masih suka bingung menulis penawaran untuk mendapatkan penjualan.

Setelah membaca artikel ini anda akan mengetahui bahwa ternyata menulis itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Jadi Bagaimana caranya menulis dengan lancar?

Sebelum saya membahas hal itu, saya ingin bertanya kepada anda

“pernahkah anda ingin menulis, setelah duduk di depan laptop kemudian tiba-tiba blank tidak tahu mau menulis apa? Hanya kursor berkedip-kedip yang menunggu perintah dari jemari anda, namun setelah berjam-jam tulisan anda tak kunjung selesai?”

Jika anda pernah, jangan khawatir karena saya pun dulu seperti itu hehe..

Banyak dari kita yang tiba-tiba gagap dalam menulis, mungkin karena semenjak SD sampai lulus kita terlalu banyak diberi aturan ketika menulis. Misalnya ejaannya tidak boleh salah, harus mengetahui inti paragraf dan lain sebagainya.

Di satu sisi, mungkin anda sedang atau akan menjalankan bisnis online. Maka cepat atau lambat anda perlu menguasai keterampilan menulis. Faktanya, anda akan dituntut untuk menawarkan produk anda melalui tulisan, bahkan meski anda menjual produk melalui social media, keterampilan anda menulis akan mempengaruhi bagaimana orang tertarik terhadap produk anda.

Apalagi anda seorang pemula yang mempunyai sumber daya terbatas untuk menjalankan usaha. Bisa saja anda meng hire freelance untuk menulis penawaran anda, tapi mau sampai kapan? sementara anda dituntut terus membuat konten untuk menawarkan produk anda. Google pun akan senang pada website yang rutin menerbitkan artikel.

Sebagian channel digital menuntut pebisnis online untuk mempunyai keterampilan menulis, bahkan di instagram pun jika gambar / foto anda menarik namun tulisan anda tidak dapat menyeimbanginya, orang enggan untuk akhirnya membeli.

Apalagi jika anda seorang youtuber. disamping keterampilan membuat video yang bagus, penonton menuntut anda untuk mempunyai skrip yang rapi dan terstruktur sehingga mereka betah menonton video-video anda.

Setelah memahami pentingnya keterampilan menulis, sekarang kembali ke pertanyaan awal “bagaimana caranya menulis dengan lancar?”

Saya mengambil cara ini dari sebuah buku terkenal karya Joe Vitale “Hypnotic Writing” yang mengajarkan bahwa untuk lancar menulis anda harus membuat permainan pikiran dalam diri anda dengan berubah menjadi dua kepribadian.

Sebenarnya kesulitan dalam menulis karena kita sudah terlalu banyak untuk belajar mengedit semenjak SD. oleh karena itu anda harus memisahkan kepribadian anda saat menulis dan kepribadian anda saat mengedit. Jika anda masih bingung, sederhananya bagi waktu anda antara saat menulis dan saat mengedit.

Saat anda menulis anda tidak boleh mengedit. Joe Vitale menyebut waktu anda menulis sebagai kepribadian dua yaitu sang penulis ahli. Sementara waktu untuk mengedit dia sebut sebagai kepribadian satu yaitu sang pengkritik.

sang pengkritik dan sang penulis ahli merupakan kepribadian yang bertolak belakang oleh sebab itulah anda harus memisahkan waktunya. Jika anda sedang menulis dan mendengarkan sang pengkritik maka tulisan anda tidak akan kunjung selesai. Ibaratnya saat anda menulis tiba-tiba guru bahasa anda berada disamping anda, mengamati anda dan mengkritik anda. Anda tidak akan leluasa untuk menulis sama sekali.

Sebaliknya, ketika anda menulis anda menggunakan kepribadian kedua yaitu sang penulis ahli maka anda akan menulis seperti anda berbicara. sang penulis ahli mendorong anda untuk menulis apapun yang ada dalam benak anda seperti tatkala anda berbicara. penulis ahli tidak akan mengedit tulisannya bahkan saat ada salah ketik. cobalah untuk menahan hasrat mengedit saat anda menulis. hal yang kelihatan sederhana namun sangat berguna ini memang sulit untuk dilakukan.

Menulis adalah berkomunikasi sama halnya ketika anda berbicara. diri anda membutuhkan kesempatan untuk sekadar menyampaikan apa yang ingin anda sampaikan. untuk itu menulislah menggunakan pribadi dua.

Di sisi lain, meski terlihat membantu anda sang pengkritik sebenarnya hanya ingin menjaga anda agar tetap terlindung dengan tidak keluar dari zona nyaman. menjaga anda agar tidak salah dengan rela melarang anda untuk tidak mencoba apapun.

Akan ada saatnya sang pengkritik anda butuhkan, yaitu ketika anda meyelesaikan draf anda. Undanglah sang pengkritik untuk mengkritik habis tulisan anda.

Setelah mengetahui dua kepribadian tersebut, berikut langkah-langkah untuk menulis dengan lancar dan menghasilkan tulisan yang bagus :

  1. Tetapkan tujuan anda

  2. Tulislah menggunakan kepribadian sang penulis ahli

  3. Istirahatlah sejenak

  4. Editlah menggunakan kepribadian sang pengkritik

  5. Publish sesegera mungkin

Tetapkan tujuan anda

Meskipun nanti anda menulis sekadar menyampaikan apa yang ada di benak anda, tulisan anda tidak akan fokus tanpa memiliki tujuan yang jelas dan spesifik. Tulisan anda harusnya mendukung dan menguatkan tujuan anda menulis. Untuk itu, tetapkan tujuan anda menulis di awal dengan spesifik dan jelas.

Contoh : tujuan saya menulis untuk menawarkan produk sehingga pembaca tertarik untuk bertanya-tanya, atau tujuan saya menulis adalah untuk memandu pembaca langkah demi langkah agar mereka mendapatkan manfaat sehingga menyukai saya. Jika pembaca menyukai maka tidaklah sulit untuk menjual sesuatu kepada mereka.

Tulislah menggunakan kepribadian sang penulis ahli

Tulislah dengan bebas seperti anda berbicara tanpa mengedit sedikit pun, bahkan ketika tulisan anda salah ketik. Bukankah anda tidak bisa mengedit apa yang telah anda bicarakan?. Namun anda juga harus berfokus pada tujuan anda menulis. Saran saya, anda mulai dengan judul yang spesifik berisi tema yang ingin anda bicarakan. Misalnya : 5 langkah untuk mendapatkan penjualan pertama anda atau bagaimana cara tampil keren tanpa menguras isi dompet?

Memulai dengan judul membuat tulisan anda semakin fokus. dari judul anda dapat perinci menggunakan kerangka tulisan. Kerangka tulisan anda bisa terdiri dari : materi yang ingin anda sampaikan, cerita anda, studi kasus, contoh, data pendukung, quote orang-orang terkenal dan lain sebagainya. menyadari hal ini akan membuat anda merasa bahwa tulisan anda dapat berkembang, berbobot dan mampu menggugah pembaca.

Kemudian tulislah dengan bebas, tanpa takut salah karena anda nanti akan mengeditnya juga. Tulislah sampai anda merasa draf anda telah selesai.

Istirahatlah sejenak

Istirahatlah. Minimal 5 menit untuk menyegarkan pikiran anda. Kenapa tidak langsung mengedit saja? istirahat sejenak sangatlah penting untuk benar-benar memastikan kepribadian anda sebelumnya telah hilang. anda dapat keluar teras rumah atau sekedar menghilangkan penat dengan menyeruput kopi. setelah anda tinggal sejenak dan pikiran anda segar kembali barulah anda siap untuk mengedit tulisan anda.

Editlah tulisan menggunakan kepribadian sang pengkritik

Kini baca kembali tulisan anda mulai awal seperti anda membaca tulisan orang lain. lebih baik lagi jika tulisan anda dibaca oleh orang lain dengan suara keras sehingga membuat tulisan anda benar-benar “terlihat”. Jika mereka berhenti atau mengulang kata-kata yang tidak mereka pahami. dan disanalah anda harus memperbaikinya.

Itu adalah cara yang efektif untuk membuat tulisan anda berkualitas. Jika terpaksa tidak ada orang lain, bacalah sendiri dengan suara keras. dan segera edit bagian yang tidak sesuai menurut anda.

Terkadang orang merasa keberatan untuk menghapus tulisan mereka. Ingatlah bahwa tulisan anda bukanlah prasasti yang ditulis diatas batu. Jangan berat untuk mengeditnya. anggap saja jika anda ditawari uang yang begitu besar, maukah anda untuk menghapus tulisan anda?. dengan menghapus bagian-bagian yang tidak penting akan membuat tulisan anda lebih berkualitas.

Anda juga dapat menambahkan bagian lain untuk menguatkan tulisan anda dengan menambahkan data pendukung, contoh-contoh yang mudah dipahami ataupun studi kasus. orang menyukai data dan yang mereka mengerti. Jika mereka tidak mengerti, tidak mudah untuk mereka mengabaikan tulisan anda.

Namun jika anda tidak mengedit dan langsung mempublish tulisan anda, itu seperti anda memberikan sampah kepada pembaca. dalam buku Hypnotic Writing dijelaskan “tidak ada tulisan yang berkualitas, yang ada adalah tulisan ulang yang berkualitas”.

Publish sesegera mungkin

Terkadang terlalu menikmati mengedit tulisan anda dan ragu-ragu untuk tidak segera mempublish juga bukanlah langkah yang bijak. anda tidak akan tahu bagaimana pendapat pembaca jika tulisan anda tidak segera anda publish. dan poin pentingnya lagi, pendapat pembaca terhadap tulisan anda adalah cara memperbaiki tulisan yang jauh lebih efektif.

Itulah rahasia bagaimana saya bisa menulis lancar tanpa menunggu ilham. Semoga bermanfaat.

Bagikan!
Whatsapp
Show Buttons
Whatsapp
Hide Buttons
Scroll to Top

×