Jangan Jualan Online Sebelum Memahami 3 Hal ini

jualan online

Di tulisan ini saya ingin berbagi sebuah rahasia yang mungkin tidak banyak orang tahu untuk berhasil jualan online.

Anda tidak perlu jago coding untuk memahami 3 hal ini. Justru hal ini cocok bagi anda yang merasa gaptek karena saya tidak akan membahas hal-hal teknis yang mungkin tidak akan anda pahami.

Sebelum anda menerima penjelasannya, izinkan saya menegaskan mengenai apa itu Jualan agar kita sepemahaman.

Apa itu jualan?

Mungkin anda berpikir, jualan itu ya interaksi tukar menukar dengan uang sesuai nilai yang sama. atau mungkin jualan itu interaksi supaya kita dapat uang banyak dan kaya raya bisa beli apa saja.

Stop. Jika anda berpikir seperti itu, mohon buka pikiran anda untuk hal-hal baru. bersedialah menerima wawasan baru, karena setelah ini anda akan mengetahui sudut pandang baru yang mungkin belum terpikirkan.

Jadi, jualan adalah membantu orang mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jualan mengantarkan nilai-nilai yang dibutuhkan orang melalui produk kita. Jadi inti dari jualan itu membantu. terlepas anda jualannya di online maupun offline.

Apakah sekarang anda sudah paham?

Jika anda sudah paham, artinya anda akan berpikir bahwa untuk meraih sukses anda harus banyak membantu orang. Intinya seperti itu.

Nah sekarang saya akan bercerita apa saja hal-hal yang harus anda pahami sebelum berjualan online.

Ada 3 Hal mendasar yang harus anda pahami dimana dengan 3 hal tersebut anda terapkan ke dalam jualan online anda untuk dapat membantu orang mendapatkan apa yang mereka inginkan.

3 Hal tersebut adalah : Traffic, Conversion dan Relationship.

Traffic

Apa itu Traffic? Traffic adalah tentang seberapa banyak orang yang mengunjungi toko online anda. Coba pikirkan, bagaimana caranya orang-orang mau berbondong-bondong tiap hari mengunjungi toko online anda sehingga kesempatan mendapatkan penjualan tinggi.

Tips : dapatkan orang-orang yang tepat. sedikit orang yang mengunjungi toko online anda namun mereka niat beli itu lebih baik dibanding banyak orang yang mengunjungi namun hanya butuh beberapa detik untuk mereka mengabaikan toko anda.

Jadi, dimana saja anda bisa mendapatkan traffic?

Mungkin anda berpikir untuk posting di :

  • Social media : Instagram, Facebook, Line, dll.
  • Social Chatting : Whatsapp, Telegram, dll.
  • Marketplace : Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dll.

Wah, sepertinya urusan traffic ini pekerjaan berat ya karena harus masuk ke semua channel diatas?

Tenang. sebelum anda mendalami dan menghabiskan banyak waktu untuk menarik orang sebanyak-banyaknya, berikan saya kesempatan untuk membantu anda lebih mudah, boleh ya?

Meski sumber Traffic kelihatannya tidak terbatas, pada dasarnya hanya ada 3 Jenis sumber Traffic yang benar-benar dapat anda andalkan yaitu : Organic Traffic (Traffic gratis), Paid Traffic (Traffic berbayar) dan Direct Traffic (Traffic langsung).

Kelebihan Organic Traffic tentunya gratis. dapat langsung anda coba pakai. Kelemahannya butuh waktu lama dan ketekunan sekuat baja untuk mendatangkan pengunjung. Versi gratis dari semua channel diatas merupakan contoh Organic Traffic.

Dan dengan Paid Traffic anda bisa mendapatkan pengunjung yang lebih cepat, bahkan bisa dibilang instan. Anda tidak perlu capek membangun dari awal satu demi satu karena dengan membayarnya, anda bisa mendapatkan pengunjung lebih cepat, lebih banyak bahkan lebih tertarget.

Poin terakhir (lebih tertarget) menjadi alasan penting kenapa banyak orang menggunakan Paid Traffic. bayangkan saja, dengan Facebook Ads anda dapat membidik iklan anda kepada orang-orang yang mempunyai ciri-ciri yang spesifik. Contohnya Jika anda jualan kaos bola (katakanlah jersey barcelona), anda dapat menargetkan :

  • Laki-laki (terbukti yang suka sepak bola adalah laki-laki)
  • Berusia 18-35 tahun (tentunya di usia ini sudah bisa menghasilkan uang sendiri)
  • Suka sepak bola (dibuktikan dengan menjadi fans sebuah klub (misalnya barcelona) yang mengikuti akun-akun terkait barcelona.
  • Aktif terlibat di berbagai forum/komunitas barcelona di facebook

Bayangkan.. betapa mudahnya menjual jersey barcelona kepada orang-orang dengan karakter yang sangat spesifik seperti diatas. hal ini sulit anda tentukan jika anda menggunakan Organic Traffic.

Dan yang terakhir Direct Traffic. kadang orang bilang ini adalah pengunjung milik sendiri. Jenis Traffic ini bisa anda dapatkan setelah anda membangun pengaruh anda dengan menyediakan konten-konten bermanfaat berhubungan dengan target pengunjung yang anda cari.

Tidak hanya menyediakan konten-konten bermanfaat, anda juga membangun keterlibatan aktif dengan pengunjung anda. Ibaratnya anda menjadi Influencer dari produk anda sendiri.

Cara mendapatkannya adalah dengan membangun database pelanggan dan prospek. anda dapat menggunakan saluran Email marketing, Facebook Group, Channel Instagram, Channel Youtube, dll. yang intinya menjadikan platform ini sebagai panggung anda menjadi orang yang dipercaya pengunjung anda.

Conversion

Dari banyaknya Traffic yang mengunjungi Toko Online anda, seberapa banyak yang akhirnya membeli merupakan pembahasan di bagian Conversion.

Pada bagian ini penting untuk mengetahui bagaimana cara mempengaruhi, membujuk atau mengajak orang untuk membeli. Bagaimana caranya? Ada 2 keterampilan yang harus anda miliki yaitu : Copywriting dan Teknik Closing.

Copywriting berbicara bagaimana mempengaruhi lewat kata-kata dan Teknik Closing bagaimana mempengaruhi lewat interaksi 2 arah (Chatting, Telepon,dll.).

Relationship

Ini adalah tentang seberapa hebat anda membangun hubungan dengan database/audience anda. baik mereka itu adalah prospek maupun pembeli.

Lho, kenapa harus membangun hubungan? Bukannya setelah transaksi ya sudah dibiarkan saja dan cari pembeli lain?

Menurut penelitian menyatakan bahwa mendatangkan pembeli untuk membeli kembali jauh lebih mudah dibanding mencari pembeli lainnnya.

Hal ini karena pembeli telah percaya dengan menginvestasikan uangnya dalam bentuk membeli produk dari anda. Oleh sebab itu, membangun hubungan juga harus anda lakukan.

Hal ini juga yang akan mendasari anda menggunakan Direct Traffic yang saya bahas sebelumnya. Masih ingatkah anda tujuan menggunakan Direct Traffic?

Ya. untuk membangun pengaruh. Anda tidak dapat membangun pengaruh jika anda tidak membangun hubungan baik dengan orang yang ingin anda pengaruhi.

Itulah 3 hal yang harus anda ketahui sebelum anda jualan online. Jadi, apa yang bisa anda lakukan selanjutnya?

Berikut adalah tips untuk anda :

  1. Karena kita sepakat bahwa tujuan berjualan adalah untuk membantu orang mendapatkan apa yang mereka inginkan, maka Kenali bagaimana produk anda dapat membantu hal tersebut.
  2. Bayangkan bagaimana perasaan senang, bangga dan puas pelanggan karena produk anda telah membantu mereka.
  3. Sebelum menentukan anda menggunakan channel apa. Cari dimana orang-orang yang anda target itu berkumpul, bagaimana karakter mereka? apa aktifitas mereka? apa masalah atau keinginan mereka yang dapat anda bantu?
  4. Tentukan Channel untuk mendapatkan Traffic. Gunakan Organik Traffic sebagai langkah awal jika anda masih pemula dan belum ada budget. setelah itu perlahan tapi pasti, gunakan semua jenis Traffic agar orang-orang yang telah anda targetkan tersebut berbondong-bondong mengunjungi Toko Online anda.
  5. Pelajari Copywriting dan Teknik Closing. secara sederhana anda dapat mempraktikan 6 Jenis senjata pengaruh dalam buku “The psychology of persuasion” Karya Profesor Robert Cialdini
  6. Bangun database anda sejak awal. Gunakan Facebook group, Simpan Nomor Kontak Pelanggan anda atau Email marketing misalnya, untuk membangun database anda.
  7. Siapkan rencana untuk berbagi konten yang bermanfaat kepada database anda. Agar anda mendapatkan pengaruh dan agar anda dipandang sebagai ahli sehingga mereka lebih percaya kepada anda daripada pesaing anda.

Tulisan ini hanya akan menjadi wacana saja jika anda tidak action dari sekarang. Maukah anda mempraktikan ketujuh hal diatas?

Bagikan!
Whatsapp
Show Buttons
Whatsapp
Hide Buttons
Scroll to Top

×