Kesalahan bisnis online pemula yang pernah saya lakukan

bisnis online pemula

Saya ingin berbagi cerita kepada anda mengenai beberapa kesalahan saya saat awal-awal memulai bisnis Mirror Advertising. Hal ini menjadi pelajaran yang berharga bagi saya sehingga menjadikan saya bertekad untuk tidak mengulanginya kembali.

Seperti kata pepatah “pengalaman adalah guru yang terbaik” maka saya ingin berbagi kepada anda “guru terbaik” saya agar anda tidak jatuh ke lubang yang sama seperti saya sebelumnya.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, baca tulisan ini sampai habis. kalo perlu catat kembali poin-poin penting dalam tulisan ini sehingga membuat anda ingat ketika lupa.

Apa saja Kesalahan Bisnis Online Pemula yang pernah saya lakukan?

1. Membangun bisnis tanpa memiliki tujuan yang bermakna

Saya teringat saat menjadi pe bisnis online pemula dulu. saya pernah bertemu seorang pebisnis online juga secara tidak sengaja di sebuah agen ekspedisi.

Dia memesan “thanks card” kepada saya untuk produknya. dalam “thanks card” dia menyebutkan bisnisnya tidak mencari profit semata, melainkan juga ingin membuka lapangan pekerjaan dan berbagi.

Hal ini membuat hati saya luluh dan segera ingin menirunya tanpa belajar hal yang lebih mendalam dibalik maksud kata-katanya tadi.

Kemudian saya merenung. selama ini saya membangun bisnis bertujuan murni untuk mencari profit semata. itu memang tidak salah. Saya suka orang yang mengatakan apa adanya seperti “untuk apa komentar positif dari video youtube saya jika tidak ada adsensenya”

Namun saya lebih terkesan lagi jika ada orang yang benar-benar tulus berbisnis bertujuan lebih banyak berdampak kepada orang lain dari pada mencari profit semata.

tujuan yang bermakna

Tujuan akan menentukan prioritas kita dan prioritas kita akan menentukan produktifitas apa yang akan kita lakukan.

Dengan tujuan mencari profit semata seperti itu, dulu saya sering menjalankan bisnis online pemula dengan “licik”. maksudnya, saya tidak begitu peduli dengan pelayanan kepada customer, produk maupun strategi jangka panjang.

Jika saya ditawari saya mendapatkan 1 juta hari ini atau 2 juta tahun depan, dulu jelas saya memilih satu juta hari ini. Saya tidak terlalu peduli pada efek jangka panjang.

Hal ini membuat saya sangat lelah mental ketika menghadapi komplain, selisih harga ataupun kerugian yang saya alami.

Setelah saya belajar lebih mendalam ternyata tujuan yang bermakna itu sangat penting. Akhirnya saya mencoba menemukan tujuan saya.

Setelah saya memiliki tujuan yang bermakna saya tidak selelah dulu ketika menghadapi kerugian, komplain maupun selisih harga. saya lebih optimis karena tujuan saya tidak hanya mendapatkan profit semata.

Jika ada sebuah dampak sosial disebabkan bisnis saya membuat saya begitu bahagia dan tidak terlalu memikirkan kerugian saat itu terjadi.

Sekarang yang terpenting adalah pelayanan yang hebat kepada customer. Saya sering menggunakan pertanyaan ini untuk intropeksi “jika saya customer dari produk saya sendiri, maukah saya membeli produk saya?”

Anda dapat menemukan tujuan bermakna anda dengan berpikir “apa dampak yang begitu mendalam, berharga dan emosional ketika ini tercapai?”. apalagi, hal ini mampu membuat hati anda bergemuruh ketika mendengarnya atau meneteskan air mata.

Beberapa contoh tujuan bermakna seperti :

  • menghajikan orang tua karena itu cita-cita orang tua yang selalu diceritakannya

  • membuat anak mampu meraih pendidikan setinggi-tingginya agar hidupnya nanti tidak sesulit orang tuanya dahulu

  • membuka lapangan kerja bagi anak-anak jalanan sehingga mereka tidak perlu meminta-minta di jalanan, dll.

Saya sendiri merasa pekerjaan saya bermakna ketika melihat ekspresi rasa puas / bangga dari orang-orang yang akhirnya mampu mewujudkan ide mereka. Mereka akhirnya bisa mandiri dengan bisnis mereka sendiri, dll.

Kebahagiaan ternyata terjadi ketika anda berada dalam perjalanan menuju sesuatu yang bermakna.

Ada juga cerita dari seorang pebisnis online terkenal namanya Dewa Eka Prayoga. Sekarang dia aktif di youtube dan mempunyai banyak bisnis dengan omset milyaran.

Dia pernah sakit dengan penyakit yang sangat langka yang membuat potensi hidupnya diprediksikan kecil sekali. Qodarullah akhirnya dia berhasil melewatinya dan sekarang sehat seperti orang normal.

Pelajaran pentingnya : saat “mempunyai kesempatan kedua” dia bertekad untuk membuat warisan kepada dunia melalui ilmu-ilmunya. Bukannya tambah redup, justru popularitasnya kian melonjak naik berkat tujuan bermaknanya yaitu berbagi untuk membuat warisan kepada dunia.

Sebuah riset menjelaskan bahwa karyawan yang mengutamakan kesejahteraan orang lain berprestasi lebih baik dalam jangka panjang dari pada yang 100% memikirkan tujuan untuk diri sendiri.

Itulah sebabnya mengapa memiliki tujuan yang bermakna penting untuk anda. Tidak mempunyai tujuan bermakna merupakan kesalahan yang pernah saya lakukan.

2. Tidak Fokus

fokus

Sebagai seorang pe bisnis online pemula dulu, saya membuat website namun tidak menghasilkan jumlah pengunjung yang dapat diandalkan. Saat itu saya tidak fokus membangun website.

Setelah saya fokus belajar membangun website dan mempraktekkan apa yang saya pelajari. Perlahan tapi pasti pengujung mulai berdatangan, dari awalnya satu bulan ratusan orang sekarang satu bulan sampai ribuan orang yang mengunjungi. tentunya dari ribuan tersebut ada dari mereka yang menyumbang profit begitu dahsyat.

Kebanyakan orang silau dengan peluang apalagi peluang yang terlihat menjanjikan. memikirkan peluang adalah tantangan bagi yang mau terjun ke bisnis dari pemula sampai profesional pun tidak luput dari tantangan ini.

Dalam buku “The One Thing” karya Gary Keller dan Jay Papasan ada quote menarik yaitu “Jika anda memburu dua ekor kelinci, anda tidak akan mendapatkan seekor pun”

Menerapkan fokus adalah dengan mengatakan tidak pada berbagai peluang yang terlihat menjanjikan dan lebih memilih fokus menjalankan apa yang sudah anda komitmenkan.

Misalnya anda sudah berkomitmen untuk memulai bisnis online pemula di bidang makanan. kerjakan hal-hal yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Jangan pedulikan bahkan ketika ada tawaran untuk “bermain saham” meski diiming-imingi uang besar dalam sekejap.

Tidak ada namanya bisnis yang berhasil dalam sekejap, bisnis apapun itu. termasuk semua peluang atau tawaran yang menghadang anda.

Baru ketika bisnis anda mulai berhasil dan dapat berjalan tanpa campur tangan anda, anda dapat mencoba peluang lainnya. Ini adalah prinsip yang bernilai yang dipegang oleh orang-orang yang berhasil.

Bahkan Bill Gates pendiri Microsoft pernah berkata “mempertahankan fokus adalah kunci sukses. Anda seharusnya memahami bidang kompetensi anda, keterampilan anda dan menghabiskan waktu serta energi anda disana”.

Sekarang, setelah beliau sukses di Microsoft, beliau keluar dan fokus pada satu hal lainnya, yakni “bill and melinda gates foundation” yang bertujuan untuk memberi dampak sosial kepada pendidikan di seluruh dunia.

Dalam buku “good to great” Jim Collins pernah menceritakan 2 perusahaan besar yang hampir sama dari berbagai segi namun memiliki perbedaan jauh pada pertumbuhan mereka karena salah satu diantaranya berprinsip sederhana sehingga fokus.

Sebut saja Cork Walgreen pendiri Walgreens, sebuah perusahaan berhasil dibandingkan Eckerd pesaingnya yang mempunyai posisi tidak jauh berbeda dari segi apapun.

Cork pernah berkata dalam wawancaranya “Dengar, itu tidaklah rumit! ketika kami sudah memahami konsepnya, kami sekadar langsung bergerak maju”. Mereka hanya berfokus pada toko convenience drugstore (seperti indomaret jika di indonesia) terbaik dan paling nyaman untuk mendapatkan laba tinggi per kunjungan konsumen.

Dengan menambahkan layanan margin tinggi seperti pencetakan foto satu jam, Walgreens meningkatkan laba per kunjungan konsumennya.

Sementara perusahaan satunya yaitu Eckerd tidak tahan ketika melihat peluang untuk tidak mengakuisi toko-toko kecil sebanyak-banyaknya tanpa menerapkan prinsip apa yang sebenarnya mereka unggulkan.

Hal ini terbukti dengan kerugian $31 juta dollar mereka yang telah melenceng dari industri convenience drugstore ke industri home video karena sebelumnya melihat peluang besar ada di industri home video.

Akhirnya Walgreens bertumbuh 15 kali lipat dibanding pertumbuhan pasar secara keseluruhan karena hal yang sederhana dan fokus menerapkannya dengan gigih.

Tidak fokus biasanya juga akibat dari sebuah kesalahan yang juga pernah saya lakukan, yaitu :

3. Information Overload / Kebanyakan Informasi

kebanyakan informasi

Hidup di zaman sekarang ini bukanlah tentang bagaimana mencari informasi, melainkan bagaimana memilih informasi. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi kita dibanjiri informasi yang membuat kita sulit untuk fokus.

Begitu juga saya sebagai pe bisnis online pemula waktu itu. saya sering merasakan selalu ada hal yang belum saya tahu, merasa ada yang kurang.

Saya merasa perlu belajar ini dan saya tidak percaya diri untuk action karena belum mempelajari semuanya. Misalnya saya harus buat website sesempurna mungkin dan saya harus paham google analytics. Atau saya takut jika nanti rugi sehingga saya harus mengerti bagaimana cara menangani komplain.

Saya juga khawatir tidak ada pengunjung website sehingga saya merasa harus belajar google ads, fb ads dan instagram ads dulu, saya merasa harus tahu semua hal.

Sampai pada suatu titik yang membuat saya BINGUNG yang berujung tidak segera action. tidak berani memulai membuat saya tidak segera mendapatkan hasil.

Cerita yang sama juga saya temui saat awal saya tahu internet marketing. Saya kebanyakan informasi yang membuat bingung sehingga waktu dan tenaga yang saya curahkan hampir setahun untuk ingin tahu semua hal tidak membuahkan hasil.

Saya teringat apa yang dikatakan guru saya, pak Sukarto dari BelajarBisnisInternet.com pernah memberi wejangan “Kejarlah progress bukan kesempurnaan, karena kesempurnaan itu tidak ada”.

Beliau juga bercerita bahwa pernah melakukan diet informasi (lihat videonya disini) setelah kelimpungan karena kebanyak informasi. Beliau menghentikan sebagian besar apa yang ingin dipelajari, stop membaca forum-forum yang sepertinya setiap hari selalu ada hal baru di dalamnya. dan lebih banyak mengalokasikan fokusnya pada action.

Hasilnya, sekarang beliau telah membimbing sekitar 3000 orang yang tersebar di seluruh indonesia dan 11 negara di dalam bisnis online.

Studi pendukung mengenai hal ini datang dari sebuah penelitian yang dijelaskan oleh Harvard Bussiness Review. Disana anda akan mendapatkan penjelasan bahwa kebanyakan informasi tidak hanya berdampak negatif pada kesejahteraan pribadi namun juga buruk dalam pengambilan keputusan, inovasi dan produktivitas.

Untuk itulah, dalam memulai bisnis jangan terlalu memikirkan banyak hal dan segera lakukan action. selalu ada progress setiap hari akan jauh lebih baik dari pada harus mengerti semua hal terlebih dahulu.

Itulah 3 Kesalahan pebisnis online pemula yang pernah saya lakukan. saya harap anda belajar dari “guru terbaik” saya alias pengalaman saya dengan menjadikan : Memiliki tujuan yang bermakna, Fokus pada satu hal dan mengejar progress menjadi prinsip anda dalam menjalankan bisnis.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda, saya ingin tahu bagaimana pendapat anda? untuk itu silahkan komentar dibawah ya! Jangan lupa bagikan artikel ini jika anda merasakan manfaatnya.

Bagikan!
Whatsapp
Show Buttons
Whatsapp
Hide Buttons
Scroll to Top

×