Prospek Konter Pulsa dan Bagaimana memulai dg Spanduk Konter Pulsa

spanduk konter pulsa

Masihkah konter pulsa menjanjikan untuk masa depan?

Data pada tahun 2018 silam menunjukkan bahwa orang yang menggunakan internet untuk bertransaksi digital baru beberapa belas persen dari sekian juta pengguna internet yang ada di Indonesia.

Di satu sisi, jika anda mempunyai konter pulsa dengan etalase kecil yang hanya menyediakan jasa isi pulsa atau kartu perdana. Sebaiknya anda harus melakukan inovasi karena jualan pulsa saja tidak dapat diandalkan untuk masa depan.

Anda dapat melakukan inovasi misal menambah varian produk atau jasa lainnya. Seperti jualan aksesoris, minuman, sembako dll. untuk meningkatkan keuntungan.

Banyak cerita orang – orang yang sudah tidak pernah membeli pulsa ke kios pulsa sekarang kecuali target pasar yang sudah saya ceritakan diatas. Bukannya mereka tidak melihat spanduk konter pulsa ketika di jalan, tapi karena mereka sudah nyaman beli secara online. Orang – orang di umur produktif dan berada di kota biasanya ke konter untuk mencari jasa servis dan membeli aksesoris handphone.

Kaitan Hukum penyebaran Inovasi dengan Bisnis Pulsa

Mengutip ilmu dari Start Up, bahwa dalam bisnis pulsa juga terjadi hukum penyebaran inovasi. Apa itu hukum penyebaran inovasi dan bagaimana itu terjadi dalam bisnis pulsa?

Inovasi teknologi apa pun yang kita rasakan saat ini tidaklah merata. ada 4 jenis populasi pengadopsi teknologi yaitu :

  • Para Inovator

  • Para Pelopor

  • Para Mayoritas Dini

  • Para Mayoritas Lambat

  • Para kaum tradisional

Di bisnis pulsa, para inovator adalah beberapa raksasa marketplace yang mengubah bisnis model pulsa dari yang awalnya merupakan toko fisik, orang membeli pulsa dengan datang kesana, menjadi toko non fisik melalui aplikasi.

Sementara Para pelopor adalah pengikut loyal dari beberapa raksasa marketplace yang rela mencoba inovasi apa pun yang didatangkan marketplace untuk memenuhi kebutuhan hidup. misalnya inovasi cara baru beli pulsa tadi.

Para Mayoritas Dini dan para mayorias lambat menempati jumlah terbanyak dalam populasi pengadopsi teknologi. Demografi populasi ini adalah orang produktif umur 24 – 35 tahun dan sudah bekerja secara profesional di kota-kota besar.

Mereka mencoba mengadopsi cara baru beli pulsa karena ikut-ikutan dan ketagihan karena merasakan manfaatnya, yang membuat suatu inovasi akhirnya populer.

Terakhir ada kaum tradisional yang berkumpul. Mereka adalah para orang tua, anak sekolah atau orang yang berpendidikan rendah yang baru akan mengadopsi teknologi saat semuanya telah benar-benar berubah.

Para kaum tradisional ini masih menggunakan konter untuk membeli pulsa. baru ketika tidak ada konter pulsa satu pun nanti, mereka terpaksa pindah beli lewat aplikasi di internet.

Jadi, ada dua pilihan untuk bisa berhasil di bisnis pulsa ini, yaitu :

  • membuka konter pulsa dengan target pasarnya adalah kaum tradisional yang berada di daerah pedesaan
  • membuat inovasi baru yang lebih spesifik manfaatnya daripada layanan bisnis pulsa yang marketplace gunakan saat ini.

Rasanya pilihan kedua bukanlah pilihan bijak apalagi jika anda tidak mempunyai modal yang cukup besar untuk menjadi pesaing raksasa marketplace atau aplikasi mobile banking. Pilihan yang bijak adalah yang pertama.

Bagaimana cara memulai bisnis konter pulsa?

Untuk memulai konter pulsa, sebenarnya anda hanya perlu sebuah etalase kecil, tempat yang strategis dan banner konter pulsa yang menarik. Anda dapat mendaftar sebagai agen pulsa melalui marketplace atau aplikasi agen pulsa seperti kioser untuk menjual pulsa dan kuota internet.

Zaman sekarang cukup mudah karena anda tidak perlu mendaftar ke setiap provider telekomunikasi satu per satu untuk menjadi agen pulsa. anda dapat memulainya di teras rumah jika itu memadai.

Keberhasilan bisnis konter pulsa juga tergantung tempat. Jika anda berada di daerah pedesaan, membuka toko konter pulsa masih menjanjikan karena disana tempatnya banyak target pasar anda berada.

Target pasar toko konter pulsa adalah :

  • para orang tua (apalagi orang tua yang memberi hpnya langsung untuk diisikan pulsa ketika membeli pulsa)
  • Anak sekolah (terutama yang masih diberi uang saku oleh orang tuanya, dan pastinya dalam bentuk uang tunai)
  • pekerja kasar yang belum mengadopsi kebiasaan membeli pulsa lewat internet (hp digunakan sebatas social media atau browsing internet saja)

Spanduk Konter Pulsa Sebagai Solusi

Untuk membuka Toko konter pulsa pastinya anda membutuhkan identitas toko berupa spanduk konter pulsa. Semakin menarik Spanduk anda, semakin besar atau mudah terlihat maka semakin besar peluang orang untuk membeli pulsa di tempat anda.

Selain itu, nilai tambah apa yang dapat anda berikan pada konter pulsa anda?

Isu privasi mengenai jual beli nomor telepon pelanggan yang dapat disalahgunakan untuk dijadikan target penipuan atau spam masih menghantui terutama orang tua di pedesaan yang mempunyai pendidikan rendah.

Dengan masalah seperti ini, anda dapat mengambil peluang dengan menjadikan kerahasiaan nomor pelanggan menjadi prioritas anda.

Mengingat nomor seluler yang beredar sekarang kebanyakan nomor hasil daur ulang Nomor sebelumnya. anda dapat mengkampanyekan keunggulan anda untuk menjaga nomor pelanggan baik-baik, tidak dijual atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Anda juga dapat mencantumkan nilai tambah anda pada banner atau brosur agar para orang tua lebih mempercayai konter pulsa anda.

Pilihan Banner untuk Konter Pulsa anda
Bagikan!
Whatsapp
Show Buttons
Whatsapp
Hide Buttons
Scroll to Top

×