Ternyata ini rahasia orang-orang sukses

Kira-kira menurut anda apa sih rahasia orang-orang sukses?

Mungkin ada yang menjawab “berani mengambil resiko!” misalnya, lihat orang-orang yang tokonya besar, mereka berani berhutang.

Baik, ada lagi?

Oh ya, “punya rahasia perusahaan!” seperti contohnya pemilik restoran sukses memiliki resep rahasia dari makanannya yang disimpan rapat-rapat, jangan sampai bocor ke tangan orang lain.

Ada juga yang menjawab “orang sukses itu pandai melihat peluang” coba lihat William tanuwidjaya yang pandai melihat peluang belum adanya marketplace di Indonesia yang menjadi tempat aman untuk transaksi online.

Oh ya satu lagi, mungkin dalam benak anda terpikir “berpikir berbeda!” lihat saja steve jobs yang sukses dengan perusahaan apple karena berpikir berbeda.

Semua jawaban tersebut tidaklah salah. Namun jika kita melihat data dibawah ini sekilas kita bisa mendapatkan salah satu jawaban yang mungkin belum terpikirkan dalam benak anda. apakah itu?

Rahasia Orang-orang sukses itu..

Jadi sebuah data mengatakan bahwa 85% dari orang kaya membaca dua atau lebih buku terkait pendidikan, karir, atau pengembangan diri per bulan.

Apakah anda menebak bahwa rahasia orang-orang sukses itu membaca buku?

Ehm, memang terbukti bahwa orang-orang sukses itu rajin membaca buku untuk mengembangkan diri mereka.

Hal inilah yang membuat saya beberapa waktu belakangan menyukai membaca buku kembali.

Entah dari mana inspirasi itu berasal, namun yang jelas saya yakin dengan rajin membaca buku untuk mengembangkan diri sedikit banyak saya akan berubah menjadi lebih baik dan lebih sukses.

Dulu saya awal memulai usaha, saya jarang sekali membaca buku. saya lebih sering browsing, mencari sesuatu yang saya butuhkan. Sepotong demi sepotong informasi saya dapatkan di internet.

Apakah anda juga lebih suka seperti ini daripada buku?

Memang awalnya saya puas dengan jawaban yang saya dapat. namun semakin mendalami apa yang saya kerjakan, banyak hal-hal yang tidak dijelaskan secara mendetail pada artikel, apalagi artikel bahasa indonesia karena kita tahu literatur kita cukup tertinggal.

Hal ini membuat saya berpikir dan kadang mulai ragu dengan berbagai artikel yang sumbernya kurang meyakinkan. kadang saya mendapatkan artikel ditulis hanya untuk optimasi website. isinya? omong kosong..

Akhirnya saya mulai menyadari kelemahan informasi di internet yang terkadang juga kurang akurat karena siapa saja dapat menulis disana.

Saya mulai melirik buku sebagai informasi valid saya. terutama buku-buku pada bidang yang saya butuhkan sebagai pengembangan diri dan bisnis.

Saya juga tertarik pada buku-buku yang direkomendasikan oleh berbagai praktisi internet marketing – sebuah bidang yang saya geluti sekarang.

Berikut beberapa kutipan dari orang-orang sukses mengenai membaca buku :

Ada lebih banyak harta di dalam buku daripada yang didapat perampok di Pulau Harta – Walt Disney

Jika budaya kamu tidak menyukai orang-orang kutu buku, kamu berada pada masalah yang serius – Bill Gates (pendiri microsoft)

Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas – Mohammad Hatta (proklatamator Indonesia)

Hal-hal yang ingin kutahu ada di dalam buku, sahabat terbaik adalah orang yang akan memberikanku sebuah buku yang belum aku ketahui – Abraham Lincoln (presiden Amerika ke 16)

Saya mulai menyimpulkan bahwa orang-orang sukses itu adalah orang-orang yang sangat gemar membaca, apalagi setelah mendapatkan data diatas.

Sehingga, saya mempunyai kesimpulan. saya juga harus membaca buku. Terutama buku-buku yang saya butuhkan ilmunya, dan buku-buku yang direkomendasikan banyak orang.

Bacalah buku yang anda butuhkan

Poin kedua diatas, yaitu buku yang direkomendasikan banyak orang nyatanya memberikan dampak yang cukup signifikan dari pada sekadar buku hiburan seperti novel atau buku fiksi lainnya.

Kenapa? Karena jelas, buku yang banyak orang merekomendasikannya adalah buku-buku yang isinya dahsyat, mempengaruhi banyak orang, membuka cara berpikir baru sehingga berdampak pada cara orang bertindak.

Berikut adalah beberapa buku menarik untuk anda baca untuk mengembangkan diri :

  1. Atomic Habits karya James Clear – buku untuk membangun kebiasaan baik menuju kesuksesan
  2. The One Thing karya Garry Keller dan Jay papasan – buku untuk anda yang sulit menemukan fokus sehingga kurang produktif dalam berkarya
  3. The 7 Habits of Highly Effective People karya Stephen Covey – tidak diragukan lagi pamor buku ini semenjak diluncurkannya, bahkan menjadi buku rujukan bagi mahasiswa ekonomi maupun anak magang perusahaan Astra Indonesia pada waktu itu.

Itulah beberapa buku yang dapat mulai anda baca. sebenarnya jika saya sebutkan akan sangat banyak buku-buku bagus yang dapat membuka cakrawala pikiran anda, sehingga jika ilmu-ilmu yang anda dapat anda terapkan saya yakin anda tidak akan menyesal membaca artikel ini sampai habis. 🙂

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. jangan lupa share agar teman anda juga mendapat manfaat yang sama dan tinggalkan komentar agar kita dapat saling mengenal 🙂

Bagikan!
Whatsapp
Show Buttons
Whatsapp
Hide Buttons
Scroll to Top

×